Breaking News

    Strategi Branding Perusahaan dalam Rekrutmen

    Strategi Branding Perusahaan dalam Rekrutmen

    Sebuah perusahaan bisa menjadi terkenal salah satunya karena mereka memiliki brand tersendiri mengenai organisasi dan karyawannya. Brand tersebut bagaimana budaya organisasi tersebut melalui media yang bisa dilihat orang lain. Brand merupakan sebuah hal yang lebih kompleks dari sekedar nama perusahaan, logo, atau website.

    Tanpa melihat ukuran atau usia perusahaan, brand merupakan cerminan mengenai apa yang orang kenal mengenai perusahaan tersebut. Studi menunjukkan bahwa organisasi yang menerapkan strategi branding yang efektif terbukti mengalami penurunan tingkat turnover sebesar 28%.

    Untuk membuat brand perusahaan yang kuat, Anda perlu menetapkan: Apa misi Anda? Apa saja produk dan jasa yang Anda tawarkan? Kualitas apa yang Anda inginkan untuk orang lain berasosiasi dengan perusahaan Anda?

    Dalam rekrutmen karyawan, strategi branding yang tepat akan menarik banyak calon karyawan potensial. Jika strategi yang digunakan kurang efektif, maka kesempatan untuk mendapatkan calon karyawan dengan kualitas tinggi pun semakin berkurang.

    Beberapa strategi branding perusahaan di antaranya:

    1. Menetapkan tujuan perusahaan

    Dalam menentukan tujuan perusahaan, perlu menekankan bahwa meskipun menghasilkan uang merupakan prioritas utama, perlu juga lebih menggali mengenai tujuan spesifik yang membedakan dari perusahaan lain.

    2. Konsistensi

    Kunci dari konsistensi adalah hindari berbicara mengenai hal yang tidak berkaitan dengan meningkatkan brand perusahaan. Setiap elemen dalam marketing harus saling berkesinambungan sehingga brand perusahaan bisa dengan mudah dikenal.

    3. Fleksibilitas

    Sebuah perusahaan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman namun tetap relevan dan konsisten dengan tujuan perusahaan.

    4. Keterlibatan Pegawai

    Pegawai dalam perusahaan perlu juga terlibat dalam membentuk branding perusahaan. Tunjukkan bahwa pegawai merupakan cerminan bagaimana perusahaan berjalan sehingga memberikan kesan baik bagi orang lain.

    5. Loyalitas

     

    Sumber: forbes.com, blog.hubspot.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: