Breaking News

    Sukses mengelola gaji pertama

    Sukses mengelola gaji pertama

    Bagi para fresh graduate yang telah mendapat pekerjaan ada hal yang ditunggu tunggu setelah satu bulan bekerja, apalagi coba kalau bukan gaji pertama. Menikmati hasil jerih payah membeli ini itu, tapi setelah itu apa akan gigit jari dengan menunggu gaji kedua ?

    Memang gaji pertama biasanya memiliki sensasi tersendiri dalam mendapatkannya. Tapi seberapa pun anda bahagia dengan gaji pertama anda, anda harus tetap mengelola gaji pertama itu dengan bijak.

    Sedikit saran bagi para freshgraduate yang masih bingung mengelola gaji agar tidak terkesan hambur dan dapat menempatkan gaji dengan bijak. Berikut 3 tips sukses mengelola gaji pertama dari Rika :

    1. Membuat perencanaan keuangan

    Langkah pertama, catatlah pengeluaran apa saja yang harus dikeluarkan setiap bulannya, kategori yang masuk dalam perencanaan keuangan adalah transportasi, makan, biaya kost jika ada, lalu hiburan. Sedikit hiburan untuk anda yang telah sibuk selama satu bulan bekerja tidak masalah, agar tidak terkesan boros tetapkan dana limit untuk hiburan.

    2. Menabung

    Langkah berikutnya menabung, ini merupakan hal yang wajib anda lakukan setelah menerima gaji pertama. Sisihkanlah setiap bulannya berapa persen dari gaji anda, karena menabung merupakan hal yang menguntungkan bagi anda untuk kedepannya. Pastikan anda mempunyai 2 rekening, agar uang yang anda tabung tersimpan aman tidak terpakai.

    3. Memberi

    Langkah terakhir menyisihkan berapa persen dari gaji anda untuk diberikan kepada yang berhaknya. memberi merupakan kegiatan sosial yang baik bagi anda. Karena memberi terdapat sekali banyak manfaatnya, salah satunya anda menjadi berjiwa besar karena telah bersedia menyisihkan sebagian uangnya untuk menolong orang lain. Selain itu memberi merupakan aktivitas positif bagi anda.

    Kuncinya adalah bijak dalam menggunakan gaji anda.Tidak hanya membiasakan diri mencatat semua pengeluaran Anda saja, Anda juga harus membiaskan diri untuk selalu mematuhi peraturan keuangan yang sudah dibuat. Menggunakan dengan bijak uang yang Anda terima, adalah salah satu cara menghargai usaha den kerja keras yang sudah dilakukan.

    Sedikit tips di atas semoga bisa membantu para freshgraduate yang mengelola keuangannya untuk menjadi pribadi yang mandiri saat menerima gaji pertamanya.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: