Breaking News

    Terapi Multikultural

    Terapi Multikultural

    Terapi multikultural menekankan pada orang-orang minoritas dari sedi ras, etnis, agama, gender, dan faktor lainnya di suatu kelompok. Muncul berbagai isu dari adanya kelompok minoritas dan mayoritas ini, di antaranya rasisme, diskriminasi, marjinalisasi, dan lainnya. Terapis harus lebih peka terhadap berbedaan budaya dan lebih melakukan pendekatan individual daripada pendekatan umum yang biasa digunakan pada terapi kebanyakan. Terapi ini merupakan bentuk dari talk therapy. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk dilibatkannya aktivitas lain seperti seni, musik, dan lainnya.

    Terapi multikultural bisa diberikan pada anggota kelompok minoritas. terapi multikultural juga bisa diaplikasikan atau ditambahkan dengan terapi lain yang sesuai selama terapis mengerti isu kultural yang dialami klien. Terapis bisa membantu klien dalam memahami aspek dari masalah klien yang menjadi akar permasalahan terkait dnegan kultur dan mencari solusinya bersama.

    Terapi multikultural mengakui adanya perbedaan perkembangan psikososial pada setiap orang yang memiliki latar belakang berbeda. Terapis perlu memahami mengenai perbedaan kultur di berbagai daerah. Seorang terapis multikultural harus menyadari apakah ia memiliki bias, ketidakpekaan, atau kurangnya pemahaman yang nantinya akan mempengaruhi hasil terapi klien. Apabila sekiranya terapis akan terganggu dengan perbedaan kultur dengan klien, terapis mungkin saja mengalihkan klien pada terapis lain yang memiliki kultur sama dengan klien. adanya kualitas hubungan yang baik antara terapis dan klien merupakan kunci utama kesuksesan terapi ini.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: