Breaking News

    Tes Bakat Sebelum Anak Masuk Sekolah Dasar, Perlukah?

    Tes Bakat Sebelum Anak Masuk Sekolah Dasar, Perlukah?

    Ayah Ibu, melihat banyaknya sekolah dasar yang kini menetapkan tes minat dan bakat untuk calon siswanya, muncul pertanyaan, perlukah tes bakat sebelum anak masuk SD?

    Berbeda halnya dengan Tes Kematangan Sekolah, yang merupakan rangkaian tes psikologis yang digunakan untuk mengukur kemampuan anak secara lebih spesifik terkait dengan kesiapannya masuk sekolah. Tes psikologis yang diberikan kepada anak pun sangat beragam. Mulai dari menggambar, menyelesaikan puzzle, menjawab pertanyaan verbal, pemahaman persoalan perbandingan (jumlah), kemampuan motorik halus, kemampuan adaptasi, emosi, dan kemandirian.

    Sedangkan tes minat atau bakat diberikan untuk anak yang sudah menginjak usia remaja bukan untuk yang baru mau masuk SD. Tes minat bakat dianggap penting untuk anak-anak yang duduk di bangku SMP dan SMA. Dengan menelusuri minat bakat anak maka akan lebih terarah dalam menentukan tujuan pendidikannya di masa yang akan datang. Selain itu ditambah dengan tes minat yang memungkinkan anak memilih bidang yang disukai.

    Tes minat bakat umumnya terdiri atas:

    1. Mengukur kapasitas intelektual anak.
    2. Kemampuan pemahaman verbal hal yang terkait dengan kemampuan memahami tugas berbahasa.
    3. Kemampuan non verbal hal yang terkait dengan pemahaman simbol-simbol.
    4. Pemahaman numerik atau angka.
    5. Kemampuan teknis dasar.
    6. Kemampuan orientasi ruang.
    7. Pengetahuan umum dan kreativitas.

    Tes bakat ada kalanya sesuai dengan keinginan anak dan ada kalanya tidak. Misalnya, jika anak berminat di jurusan IPA, namun setelah di-assesed dengan tes minat bakat ternyata kemampuan non verbal dan kemampuan numerik atau berhitungnya kurang, akan lebih baik jika memilih jurusan IPS. Akan tetapi, jika anak sangat menginginkan bidang tertentu, namun hasil tes bakatnya kurang sesuai maka ada beberapa opsi yang diberikan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: