Google Analytics Alternative

Tips ampuh atasi grogi bicara di depan umum

Tips ampuh atasi grogi bicara di depan umum

Tidak ada orang yang langsung menjadi seorang yang ahli, butuh proses dan latihan untuk menjadi seorang  yang handal. Begitupun berbicara di depan umum, ada yang mengalami grogi, keringat dingin, malu sampai gemetaran. Yang berpengalaman pun kadang-kadang terkena grogi dan kurang pede.

Berikut Rika paparkan sedikit cara praktis mengatasi grogi.

  1. Tingkatkan rasa percaya diri (pede). Percaya diri dapat meningkatkan keberanian, jika masih banyak rasa takutnya maka dirimu akan menciut dan pede pun akan mengecil. Bayangkanlah jika di depan sana anda berbicara, tidak ada hal yang menyeramkan terjadi, berpikirlah positif.
  2. Berani bicara kapan dan dimana saja bila ada kesempatan tampil di depan umum. Jangan berfikir benar atau salah, bagus atau tidak yang penting anda tingkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Semakin sering anda melakukan semakin nyali anda berani dan tidak malu malu.
  3. Tulis dulu sebagai persiapan. Sebelum bicara, alangkah baiknya ditulis topik dan urutan penyampaiannya. Sebab, tanpa ditulis dulu, biasanya lupa saat bicara dan menjadikan materinya tidak runtut. Ada dua cara dalam menulis, menulis lengkap kemudian tinggal membaca atau tulis pokok-pokonya saja. Bila Anda menulis lengkap akan sangat membantu bicara anda. Tapi akan sangat membosankan, ditambah intonasi yang kurang baik. Yang bagus adalah pokok-pokok saja, kemudian Anda menguraiakannya saat bicara, tetapi keburukannya, Anda bisa lupa tentang detailnya, intinya anda harus menguasai materi.

Dibutuhkan waktu dan jam terbang agar bisa menjadi seorang yang ahli pembicara, tapi kariers jangan menyerah terapkanlah tips simple di atas.. Selamat mencoba

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: