Breaking News

    Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

    Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

    Menjadi karyawan di tempat kerja baru tentunya menjadi tantangan terendiri. Diperlukan adanya proses adaptasi agar seorang karyawan baru mampu merasa nyaman bekerja di tempat yang baru. Lalu apa saja tips agar mudah beradaptasi di tempat kerja baru?

    • Bersikap tenang dan observasi sekitar

    Di hari-hari pertama bekerja, wajar bila karyawan baru menunjukkan antusiasme, namun baiknya untuk bersikap tenang dan observasi tempat kerja yang baru baik dari suasana kerja sampai kebiasaan-kebiasaan rekan kerja.

    • Bangun kesempatan menjalin pertemanan

    Jika ada waktu senggang, sempatkan waktu untuk menyapa rekan kerja yang baru. Coba untuk mencari topik pembicaraan yang sedang hangat dan habiskan waktu istirahat bersama rekan kerja.

    • Bersikap sopan pada semua orang

    Bersikaplah sopan pada semua orang di tempat kerja yang baru. Bangun kesan yang baik. Berusahalah untuk menyapa atasan jika berpapasan, atau setidaknya tersenyum.

    • Pelajari perusahaan sedetail mungkin

    Beradaptasi di tempat kerja baru berarti mempelajari detail-detail perusahaan. Baca website perusahaan, perdalam visi misinya dan hubungkan dengan visi misi pribadi, sehingga karyawan baru lebih termotivasi bekerja. Baca pula segala hal yang berhubungan dengan perusahaan yang terbuka untuk umum, seperti laporan tahunan, brosur, artikel majalah, dsb. Buat diri sendiri familiar dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan dan bahasa perusahaan dalam bekerja.

    • Hindari Komplain

    Menjadi karyawan baru berarti belum punya ruang untuk komplain dan sebaiknya tidak terjebak dengan suasana tidak nyaman. Hindari pemikiran membanding-bandingkan tempat kerja baru dan tempat kerja lama secara berlebihan. Lebih baik pikirkan hal-hal yang membaik dari kantor sebelumnya.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: