Breaking News

    Tips Berbicara dengan Anak-anak Tentang Perpisahan dan Perceraian

    Tips Berbicara dengan Anak-anak Tentang Perpisahan dan Perceraian

    Perpisahan atau perceraian orang tua menjadi hal yang semakin umum dan pasti berdampak pada semua anggota keluarga. Anak-anak, terutama yang masih kecil, bisa menjadi ketakutan, bingung dan khawatir bahwa mereka bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Berbicara dengan anak Anda tentang perceraian dan perpisahan bisa menjadi hal yang sangat sulit. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk berbicara dengan anak Anda tentang perpisahan atau perceraian Anda:

    1. Cobalah untuk tidak menyembunyikan rahasia atau memberitahunya pada saat-saat terakhir.

    • Duduklah bersama anak Anda dan, idealnya, dengan pasangan Anda, biarkan anak Anda tahu tentang perpisahan atau perceraian Anda bersama-sama. Anda berdua akan bisa menjawab pertanyaan apa pun yang diutarakannya.
    • Jaga agar informasinya tetap sederhana dan pastikan memberi tahu anak Anda secara spesifik bahwa perpisahan hubungan Anda bukanlah salahnya.
    • Jangan salahkan pasangan Anda atau diskusikan kesalahan masing-masing dengan anak Anda.

      2. Cobalah untuk menghindari pertengkaran di depan anak Anda. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih baik dalam situasi ketika orang tua mereka menghindari konflik dan berkomitmen untuk bekerja sama atas nama anak-anak mereka.
    • Akui bahwa ini akan menjadi saat yang sulit dan menyedihkan bagi kalian semua. Anda semua merasa sedih bahwa Anda tidak akan lagi bersama sebagai pasangan dan anak Anda dapat mendatangi Anda berdua dengan perasaannya jika dia merasa bahwa perubahan baru ini sulit disesuaikan.
    • Yakinkan anak Anda bahwa meskipun Anda tidak lagi menjadi pasangan, Anda dan pasangan Anda akan selalu menjadi orang tuanya. Cintamu pada anakmu tidak dan tidak akan pernah berubah.
    • Jangan bersandar pada anak Anda untuk mendapatkan bantuan atau kenyamanan. Anda memerlukan dukungan Anda sendiri melalui masa-masa sulit ini dan penting untuk tidak menambah stres yang dialami anak Anda.
    • Bacalah buku tentang masalah ini dengan anak Anda yang dapat membantu menormalisasi pengalamannya dan memberikan kenyamanan dan pengertian.

    Anak sering merasa sulit menyesuaikan diri ketika orang tua mereka berpisah. Terkadang hal ini tercermin dalam suasana hati, tidur, nafsu makan dan tingkah lakunya. Jika Anda atau anak Anda berjuang untuk mengatasi pemisahan atau perceraian Anda, sebaiknya cari bantuan profesional. Ketika anak-anak belajar membantu strategi penanggulangan untuk membantu mereka menghadapi situasi yang penuh tekanan, mereka akan mendapatkan manfaat keterampilan yang bisa mereka gunakan sepanjang hidup mereka.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: