Google Analytics Alternative

Tips membuat CV kamu agar lolos rekrutmen

Tips membuat CV kamu agar lolos rekrutmen

Hallo kariers disini Rika akan membagi sedikit tips bagaimana caranya agar CV kamu bisa lolos rekrutmen, berikut ulasannya..

CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen paling penting dalam proses pencarian kerja anda, ini merupakan kesan pertama perekrut menilai anda untuk dijadikan sebagai calon pelamar di perusahaan mereka. Perekrut melihat ribuan CV dan bisa lebih banyak lagi setiap harinya.

Studi tentang proses seleksi lamaran mengatakan bahwa CV rata-rata akan dipindai antara 5-25 detik. Penting sekali bagi anda membuat CV dengan kesan yang baik dan tidak asal-asalan agar CV anda lolos untuk tahapan rekrutmen selanjutnya.

Sebuah CV akan terlihat baik dan menarik para perekrut jika anda perhatikan 5 langkah berikut :

  1. Merancang CV anda terlihat baik

Merancang sebuah format CV tidak hanya sekedar mencantumkan riwayat hidup, pengalaman bekerja atau pendidikan saja, tapi perhatikanlah format dalam CV tersebut. Anda bisa mulai perhatikan dari jenis font/ tulisan yang dipakai, gunakanlah tulisan yang rapi dan ramah seperti Arial dan Times New Rowman merupakan tulisan standar dan aman, atau pilihan lain seperti Cambria dan Calibri, untuk ukuran antara 11 dan 12.

  1. Membuat poin poin, huruf miring dan tebal

Menggunakan poin poin dalam CV anda bertujuan untuk menarik perhatian para perekrut yang membaca CV anda, karena terkesan rapi dan menarik, tapi janganlah terlalu banyak menggunakannya, gunakan untuk informasi yang penting saja. Begitupun untuk penggunaan Italic(miring) atau Bold(tebal) digunakan untuk membuat menarik CV ada, gunakanlah untuk kalimat penting saja.

  1. Membuat CV dalam bentuk .pdf

Buatlah CV anda dalam format PDF karena jika CV dibuka dalam bentuk PDF saat perekrut melihatnya terlihat lebih rapi dan poin petingnya tidak bisa ter-edit langsung, karena PDF cocok untuk format membaca.

  1. Menulis subject dengan benar

Saat anda mengirimkan CV melalui email pergunakanlah Subject yang tepat, cantumkan Subject sesuai dengan profesi yang anda inginkan lalu setelahnya nama Instansi/Perusahaan yang anda melamar disana, contoh anda melamar sebagai admin di PT.ABCDE, ketiklah ADMIN PT.ABCDE.

  1. Mengirim CV dengan nama email yang profesional

Nama email tentu saja sangat berpegaruh terhadap penilaian CV anda, gunakanlah email dengan nama asli anda, agar lebih profesional, jangan mencoba untuk menggunakan email dengan nama panggilan ataupun nama beken anda.

Bagaimana kariers berminat mencoba untuk menjadikan CVmu terlihat menarik ? Let’s try ..

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: