Breaking News

    Tips Membangun Budaya Organisasi

    Tips Membangun Budaya Organisasi

    Budaya organisasi merupakan hal mendasar bagi suatu perusahaan untuk membentuk kelompok karyawan yang memiliki nilai dan tujuan yang seragam dalam membangun perusahaan. Budaya perusahaan yang baik akan memberikan citra baik bagi perusahaan. Sebuah budaya organisasi akan tercermin pada sikap dan perilaku karyawan yang bekerja di sana. Untuk itu, sebuah organisasi harus memiliki budaya yang sesuai agar menjadi benefit tersendiri bagi perusahaan. Beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membangun budaya organisasi menurut Ari Weinzweig di antaranya yaitu:

    1. Ajari (Teach it)

    Dalam membangun sebuah kultur perusahaan, perlunya memberikan pengarahan pada orang lain mengenai bagaimana organisasi ini harus berjalan. Deskripsikan keinginan Anda bagaimana budaya organisasi yang sesuai. Ceritakan hal-hal yang bisa diangkat dalam menemukan budaya apa yang tepat dalam perusahaan Anda.

    2. Tetapkan (Define it)

    Jika sudah memiliki gambaran mengenai budaya organisasi, lakukan diskusi dengan para pemimpin perusahaan untuk menyamakan pemikiran dan saling bertukar pendapat.

    3. Menghidupkannya (Live it)

    Sebuah budaya lebih banyak muncul dari perilaku dibandingkan dari perkataan. Budaya organisasi perlu tercermin dalam diri karyawan. Di sini, pemimpin memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai organisasi pada karyawan.

    4. Ukur (Measure it)

    Setelah Anda mengindentifikasi elemen kunci terkait budaya organisasi yang Anda harapkan, kita perlu mengukur kesuksesan dengan menjadikan gagasan itu sebuah kenyataan. Ketika sudah dijalankan, kita perlu mengukur bagaimana keefektifan budaya yang diterapkan dan membuan perencaan selanjutnya.

    5. Beri penghargaan (Reward it)

    Terkadang, msalah timbul ketika tidak adanya penghargaan bagi karyawan yang telah berperilaku sesuai dengan kultur perusahaan. Perusahaan perlu memberikan reward yang sesuai untuk meningkatkan motivasi dari karyawan dalam menerapkan budaya perusahaan dengan sebaik-baiknya.

     

    Sumber: zingtrain.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: