Breaking News

    Tips Membangun Komunikasi Efektif di Tempat Kerja

    Tips Membangun Komunikasi Efektif di Tempat Kerja

    Selama bekerja, komunikasi merupakan unsur utama dalam menjalin hubungan dengan pihak lain di antaranya rekan kerja, atasan, dan klien. Tentu saja diperlukan komunikasi yang efektif agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akan mengarahkan pada kerugian perusahaan. Berikut beberapa tips untuk membangun dan menjaga komunikasi yang efektif di tempat kerja:

    1. Berkomunikasi secara singkat dan jelas

    Ketika menyampaikan pesan baik pada rekan kerja maupun pada atasan, cobalah untuk menyampaikannya dengan singkat, padat, dan jelas. Permbicaraan yang terlalu panjang dan bertele-tele akan membuat bingung orang lain dan bisa membuka peluang adanya kesalahpahaman maksud dari pesan yang disampaikan.

    2. Ramah

    Bersikaplah ramah pada rekan kerja dan atasan Anda. Sapalah atau sekedar berikan senyum jika berpapasan. Hal itu akan membuat orang lain menilai Anda adalah orang yang terbuka dan mereka pun tidak akan segan untuk berbicara dengan Anda. Merekapun akan lebih nyaman ketika menyampaikan suatu hal.

    3. Bicaralah dengan suara yang jelas

    Ketika berbicara dengan orang lain, hindarilah bergumam. Bicaralah dengan intonasi yang jelas agar tidak terjadi kesalahan penangkapan pada orang yang Anda ajak bicara.

    4. Sering mengadakan diskusi dengan rekan kerja

    Untuk menjaga komunikasi yang efektif di tempat kerja, adakan diskusi ruti mengenai pekerjaan Anda dengan rekan kerja. Misalnya membicarakan kemajuan pekerjaan atau kesulitan yang dialami terkait pekerjaan Anda. Dengan berdiskusi, orang akan lebih mampu menangkap informasi dan bisa sebagai tempat bertukar pikiran.

    5. Saling mendengarkan

    Komunikasi di tempat kerja terbagi menjadi dua arah. Selain kita menyampaikan sesuatu pada orang lain, kita pun perlu mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh orang lain.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: