Breaking News

    Tips Membuat Individual Career Plan (ICP)

    Tips Membuat Individual Career Plan (ICP)

    Perencanaan karir atau career planning merupakan suatu proses ketika individu mampu mengidentifikasi dna mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan-tujuan karirnya. Melalui perencanaan karir, setiap individu mengevaluasi kemampuan dan minatnya sendiri, mempertimbangkan kesempatan karir alternatif, menyusun tujuan karir, dan merencanakan aktivitas pengembangan.

    Terdapat beberapa langkah dalam menyusun perencanaan karir, di antaranya yaitu:

    1. Menilai diri sendiri

    Salah satu hal penting dalam memulai penyusunan perencanaan karir adalah memahami diri sendiri. Kenali potensi diri dan perkirakan karir apa yang tepat bagi diri sendiri.

    2. Identifikasi pilihan karir

    Buat daftar pilihan karir yang sesuai dengan potensi diri. Persempit pilihan dengan lebih spesifik menilai informasi mengenai karir, informasi berbagai perusahaan, dan lainnya.

    3. Buat prioritas karir

    Setelah membuat daftar karir, perlu untuk membuat daftar prioritas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki,  tantangan yang mungkin dihadapi, dan kemungkinan gaji yang akan diterima.

    4. Buat perbandingan

    Buat perbandingan karir yang menjadi prioritas dengan kemampuan, minat dan nilai yang dimiliki.

    5. Menetapkan tujuan karir

    Setelah melakukan pertimbangan, tentukan jalur karir yang dirasa paling tepat untuk Anda. Berapa banyak jalur yang dipilih bergantung pada situasi dan kemampuan Anda.

    6. Menyiapkan rencana-rencana

    Buat daftar hal-hal apa saja yang perlu dilakukan secara rinci untuk mulai menapaki jalur karir yang Anda pilih. Tidak masalah ketika dalam pembuatannya, ada perubahan dalam tujuan dan prioritas.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: