Breaking News

    Tips Mengelola Keuangan dalam Perusahaan Startup

    Tips Mengelola Keuangan dalam Perusahaan Startup

    Mengapa mengelola keuangan dalam perusahaan startup diperlukan? Ya jelas. Keuangan di dalam sebuah perusahaan merupakan benteng untuk terbangunnya dan kebertahanan sebuah perusahaan. Perencanaan keuangan di dalam sebuah perusahaan itu agar tetap fokus pada pengembangan bisnis itu sendiri.

    Semuanya adalah sebuah perjuangan. Dan mendirikan sebuah bisnis startup pun merupakan sebuah perjuangan. Berjuang dalam menciptakan inovasi baru, merekrut pegawai yang sesuai dengan tujuan perusahaan, menentukan target pasar dan melakukan sebuah strategi pemasaran.

    Menciptakan perusahaan dengan tata kelola keuangan yang efisien merupakan impian bagi setiap perusahaan, termasuk juga startup. Tapi dalam pengaplikasiannya pun tak semudah itu, mengelola keuangan bukanlah perkara yang mudah apalagi bagi perusahaan yang baru saja dirintis. Jika setiap usaha yang dijalankan tidak bisa mengelola keuangan dan melakukan perhitungan maka bisa saja perusahaan itu akan mengalami kebangkrutan. Maka sangat diperlukan perencanaan dana untuk perusahaan.

    Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan bagi perusahaan startup yang baru berkembang?

    Berikut ada tips bagaimana mengelola keuangan dalam perusahaan startup:

    1. Menyusun Perencanaan Biaya

    Menyusun perencanaan biaya/budget ini diperlukan sekali untuk membatasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Dengan melakukan sebuah penyusunan maka antara pemasukan dan pengeluaran pun akan seimbang. Biasanya di sebuah perusahaan melakukan perencanaan biaya selalu dilakukan setiap tahunnya. Seperti melakukan perencanaan keuangan untuk satu tahun kedepan. Dengan begitu anda bisa tahu seberapa besar modal yang harus dikeluarkan dan seberapa besar target yang akan didapatkan.

    2. Memperhatikan Seluruh Pengeluaran Biaya

    Ketika mendirikan sebuah bisnis pasti ada banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan, maka memperhatikan keseluruhan dalam pengeluaran biaya ini menjadi iinformasi untuk bisa mengatur keuangan bisnis anda.

    3. Tidak Membuat Kantor Mewah

    Namanya juga bisnis startup yang biasanya didalamnya terdapat insan-insan muda yang kreatif dan banyak berinovasi tentu ingin memiliki suasana kantor yang kreatif pula. Dan memang kebanyakan perusahaan startup memiliki kantor mewah dan kreatif guna sebagai penunjang dalam bekerja. Namun, membuat kantor yang mewah, kreatif dan terkonsep itu tidak langsung jadi seketika. Maka buat anda yang baru akan memulai membangun bisnis startup tidak usah terlalu memaksakan untuk langsung membuat kantor yang mewah dan terkonsep. Pelan-pelan saja. Semua nya memang membutuhkan proses.

    4. Fokus pada tujuan Perusahaan

    Agar selalu berfokus pada tujuan perusahaan cara yang paling sederhana adalah dengan membuat catatan pemasukan dan pengeluaran di setiap bulannya, hal ini membuat perjalanan keuangan tidak terganggu dan tumbuh secara konstan.

    5. Selalu Optimis

    Meskipun akan banyak segala kemungkinan-kemungkinan di dalam proses berdirinya sebuah perusahaan, namun anda harus tetap selalu optimis dan yakin. Jatuh adalah sebuah tingkatan untuk menuju maju. Dan rasa optimis yang kuat dari seorang founder pun akan berdampak juga kepada para tim nya.

    Poin-poin diatas merupakan beberapa cara sederhana sebagai pengingat untuk mengelola keuangan di perusahaan terutama untuk sebuah perusahaan startup. Mohon diperhatikan ya, kariers.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: