Breaking News

    Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Bossy

    Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Bossy

    Coba anda perhatikan rekan-rekan di lingkungan kantor anda. Adakah yang gayanya bossy alias berlagak seperti bos? Rekan yang bergaya bossy biasanya tidaklah mempunyai jabatan yang tinggi, tetapi gayanya yang bak seorang bos.

    Rekan kerja yang bossy punya kebiasaan memerintah atau mengatur sesama rekannya tanpa ada rasa ‘nggak enak hati’ dan seringkali perintah tersebut untuk kepentingan pribadi. Misalnya ia suka bilang pada temannya, “Gue ingin ruangan ini rapi dan bersih. Coba ya kamu jaga kerapian dan kebersihan..”. Memang sih apa yang diucapkannya itu benar. Tetapi seringkali si bossy ini menyampaikan dengan cara yang sama sekali tidak simpatik, sehingga sama sekali tidak enak didengar.

    Berikut beberapa cara menghadapi si bossy:

    1. Bikin list pekerjaan anda. Selain untuk membantu anda mengingat pekerjaan anda, hal ini juga bisa memberi tahukan rekan kerja bahwa anda juga mempunyai pekerjaan.
    2. Memberikan ketegasan, tidak perlu sungkan untuk menolak erintah si bosy tetapi menggunakan gaya yang sopan.
    3. Bantu seperlunya, jangan sampai rekan anda keenakkan karena tugasnya sudah anda kerjakan samapi tuntas.
    4. Gunakan komunikasi non verbal. Misalnya menolak pekerjaan melalui email atau pesan.

    Jika anda bisa menerapkan cara di atas, biasanya yang lain pun akan mengambil sikap serupa jika diperintah oleh si bossy. Kalau anda mau kompak, anda dan rekan-rekan bisa melancarkan aksi menolak dan menjegal hobi memerintah si bossy. Artinya setiap ia memerintah, anda dan rekan-rekan kompak tidak menurutinya. Lama-lama ia akan sadar juga kalau tingkah lakunya tidak disukai oleh rekan-rekannya. Kalau ia nggak sadar juga ya keterlaluan.

    Tapi kalau ia menyadari dan menanyakan sikap anda dan rekan-rekan, barulah anda jelaskan bahwa ‘bad habit’ nya akan merugikan dirinya sendiri. Ia tidak akan memiliki rekan sejawat dan sulit melakukan kerjasama dengan rekan-rekan. Kemudian coba sarankan untuk merubah sikapnya. Kalau ia berjiwa besar, ia pasti akan merubah sikapnya.

    Sumber:

    https://womantalk.com/career/articles/

    http://www.smiletvshop.com/

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: