Breaking News

    Tips Menghadapi Wawancara Kerja

    Tips Menghadapi Wawancara Kerja

    Apakah Anda pernah merasa gugup ketika bersiap untuk wawancara kerja? Tenang, itu merupakan hal wajar terjadi. Lalu, apa saja ya tipsnya agar kita siap dalam menghadapi wawancara yang terasa penuh dengan tekanan?

    1. Persiapkan informasi penting terkait perusahaan

    Sebelum ada melakukan wawancara kerja, ada baiknya ada mencari tahu informasi mengenai profil perusahaan yang Anda lamar. Ini akan membuat Anda lebih siap dalam menjawab pertanyaan terkait perusahaan yang Anda lamar.

    1. Buat daftar pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan

    Apabila Anda sudah beberapa kali dipanggil wawancara kerja, Anda tentunya sudah tahu pertanyaan umum yang diberikan saat wawancara kerja. Buat daftar pertanyaannya, dan persiapkan jawaban Anda sebaik-baiknya.

    1. Gunakan pakaian yang terbaik

    Tampilan fisik Anda juga akan mempengaruhi kepercayaan diri Anda saat melakukan wawancara. Gunakan pakaian terbaik Anda dan nyaman untuk dipakai namun tetap sesuai dengan ketentuan. Pakaian yang nyaman akan membuat Anda jauh lebih percaya diri dalam menampilkan diri Anda di depan pewawancara.

    1. Selalu berpikir positif

    Hilangkan rasa pesimis, tetap optimis dalam menghadapi wawancara kerja. Pikirkan bahwa perusahaan menaggil Anda karena tertarik dengan Anda, dan Anda harus yakin bahwa Anda mampu mejawab seluruh pertanyaan pewawancara dengan baik.

    1. Atur pernapasan

    Lakukan relaksasi sederhana dengan menarik napas melalui hidung kemudian tahan sebentar dan keluarkan melalui mulut dengan perlahan. Mengatur napas selama beberapa menit efektif untuk menghilangkan ketegangan.

    1. Bicara dengan perlahan

    Saat Anda menjawab pertanyaan, tidak perlu terburu-buru untuk menjawab. Pikirkan jawaban yang akan Anda utarakan dengan tenang, dan jawab pertanyaan dengan perlahan. Berbicara dengan cepat dan tergesa-gesa justru akan memberikan kesan bahwa Anda tidak mampu mengatasi ketegangan. Usahakan tetap fokus dan tenang.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: