Breaking News

    Tips Menjelaskan tentang Kematian kepada Anak Kecil

    Tips Menjelaskan tentang Kematian kepada Anak Kecil

    Apakah anak Anda pernah mengalami kesedihan karena kematian orang yang dicintai? Membantu anak kecil untuk memahami dan mengatasinya bisa menjadi tantangan bagi orang tua. Berikut adalah beberapa tip yang mungkin berguna bila berbicara dengan anak muda Anda tentang kematian:
    1.  Penting untuk berbicara dengan anak Anda dengan jujur, dengan menggunakan bahasa sesuai usia.
    2.  Hati-hati dengan kata-kata Anda. Mengatakan bahwa orang yang dicintai telah ‘meninggal dunia’ atau bahwa Anda telah ‘kehilangan’ seseorang dapat membingungkan anak-anak kecil.

    Kematian adalah konsep yang sangat sulit dipahami anak sehingga meluangkan waktu untuk menjawab semua pertanyaan mereka sangatlah penting.
    1.  Jangan takut untuk berbicara tentang kekasih Anda yang telah meninggal dunia.
    2.  Beberapa keluarga merasa berguna untuk membuat foto ‘buku memori’, menanam pohon khusus atau untuk memperingati kerabat mereka dengan cara lain, mungkin Anda bisa meminta anak Anda untuk gagasannya tentang hal ini?
    3.  Bacalah buku tentang masalah ini dengan anak Anda yang dapat membantu menormalisasi pengalaman ini dan memberi kenyamanan dan pengertian.
    4. Jangan bersandar pada anak Anda untuk mendapatkan bantuan atau kenyamanan. Anda mungkin membutuhkan dukungan Anda sendiri melalui saat yang menyedihkan ini dan penting bagi Anda untuk tidak menambah stres yang dialami anak Anda. Anak sering menemukan kematian anggota keluarga atau teman yang sulit menyesuaikan diri. Terkadang ini tercermin dalam suasana hati anak-anak, tidur, nafsu makan dan perilaku.

    Anak-anak membutuhkan kesabaran dan pengertian kita saat mereka berjuang untuk menyesuaikan diri dengan sifat permanen dari kehilangan mereka. Jika Anda atau anak-anak Anda berjuang untuk mengatasi kematian orang yang dicintai, sebaiknya cari bantuan profesional. Ketika anak-anak belajar membantu strategi penanggulangan untuk membantu mereka menghadapi situasi stres seperti kesedihan, mereka memperoleh keterampilan berguna yang dapat mereka gunakan sepanjang hidup mereka.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: