Breaking News

    Tips Sukses bagi Fresh Graduate yang Belum Berpengalaman

    Tips Sukses bagi Fresh Graduate yang Belum Berpengalaman

    Sebagai fresh graduate yang ingin mencari peluang karir, kamu mungkin punya keterbatasan pengalaman, apalagi jika kamu ingin mencari pekerjaan di bidang yang berbeda dengan jurusan kuliah kamu. Atau saat mencari pekerjaan, ternyata perusahaan impian kamu atau posisi yang kamu inginkan menuntut kamu untuk memiliki pengalaman pekerjaan yang tidak kamu punya. Dengan berat hati, pada akhirnya kamu harus mengurungkan niat untuk mencalonkan nama kamu sebagai job applicant.

    Jangan khawatir bagi kamu lulusan baru atau yang belum memiliki pengalaman kerja, walau hampir semua lowongan mensyaratkan sudah punya pengalaman kerja tetap ada cara kok untuk mengatasinya. Simak cara-cara ini:

    1. Mendaftarlah ke posisi Management Trainee (MT), di posisi ini kamu akan mendapatkan pelatihan langsung dari perusahaan untuk disiapkan menjadi calon manajer.

    2. Jangan langsung patah arang saat ada lowongan yang mensyaratkan pengalaman kerja. Kalau kamu memang yakin bisa, daftar saja. Perusahaan akan tetap mempertimbangkan aplikan yang memang

    3. Meski pengalaman belum ada, jangan lupa mencantumkan keahlian yang kamu bisa. Buatlah secara spesifik agar mudah di terima.

    4. Yakinkan perusahaan bahwa kamu adalah pribadi yang siap latih. Walau kamu belum punya pengalaman kerja, tapi keinginan untuk berlatih bisa jadi kekuatanmu. Karena kadang perusahaan bukan mencari yang ‘sudah jadi’ tapi yang mau dibentuk dan belajar lagi

    5. Kenali kemampuan dan aset yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan semua koneksi yang sudah terjalin selama ini.

    6. Cari tahu standar gaji di bidang pekerjaan yang kamu incar. Ini penting agar kamu tidak kaget dan punya pertimbangan rasional saat bernegosiasi soal gaji.

    7. Lihat kesempatan karir yang ditawarkan oleh pekerjaanmu. Walau awalnya gajimu kecil, bukan berarti karirmu tidak akan berkembang kan?

    8. Singkirkan egomu dan jangan ragu mulai dari bawah. Itu lebih baik daripada tidak pernah memulai, bukan?

    Sumber:
    https://www.hipwee.com
    https://bukapintu.co

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: