Breaking News

    Tips Sukses Mengikuti Wawancara Kerja

    Tips Sukses Mengikuti Wawancara Kerja

    Salah satu tahapan seleksi pegawai ada wawancara. Berikut adalah tips bagaimana menghadapi tes wawancara interview yang baik dan benar agar bisa lolos dan diterima sebagai pegawai di sebuah perusahaan.

    1. Ciptakan kesan pertama yang baik
    Ketika mendapatkan sebuah panggilan kerja, maka ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan. Tujuannya jelas: untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Kesan pertama yang baik akan memberi anda peluang untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya.

    2. Cerdas menjawab ketika diwawancara
    – Jawablah dengan singkat
    Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian buruk dari penguji, atau HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Bila terlalu bertele-tele akan dianggap tidak tegas dan jago ‘ngeles’. Untuk itu, sebaiknya jawablah dengan singkat dan jelas.

    – Pahami setiap pertanyaan
    Ketika anda menjawab setiap pertanyaan, berikanlah jeda beberapa detik agar terlihat tidak terburu-buru. Berpikirlah dahulu sebelum memberikan jawaban berikutnya agar terlihat lebih matang.

    – Perhatikan bahasa tubuh
    Jangan lupa untuk terus memperhatikan bahasa tubuh lawan bicara, selama proses wawancara berlangsung. Untuk menunjukkan rasa percaya diri Anda, saat duduk, usahakan posisi paha dan lutut selaras dengan bahu anda, Duduklah secara formal, jangan terlihat santai. Cobalah juga untuk bersikap tenang dan jangan gugup.

    3. Bertanyalah saat anda diwawancarai
    Ketika mengikuti sesi wawancara kerja di sebuah perusahaan, seringkali Anda diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Untuk itu, sediakanlah waktu khusus untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Mengajukan pertanyaan saat kamu melamar kerja bisa menjadi kunci diterima-tidaknya kamu di perusahaan itu. Dengan bertanya, kamu bisa menunjukkan antusiasmemu terhadap perusahaan yang kamu lamar, serta keinginanmu yang kuat untuk belajar.

    4. Tepat waktu atau datang lebih awal
    Jangan terlambat sedikit pun. Hal ini akan memberikan kesan yang buruk. Cobalah untuk hadir di tempat wawancara lima belas menit lebih awal dari waktu yang telah ditentukan.

    5. Jaga penampilan
    Banyak orang yang memberikan penilaian melalui penampilan Anda. Nah untuk itulah, tampilkan diri Anda layaknya professional, tapi jangan terlalu formal atau juga terlalu casual. Salah-salah, Anda dikira tak serius dengan tawaran pekerjaan yang akan diberikan.
    Gunakanlah kemeja formal yang bersih dan rapi. Perhatikan juga detail lainnya, yang akan mendukung penampilan anda secara keseluruhan. Kenakan sepatu yang bersih, rambut yang terpotong rapi, dan jangan lupa menggunakan deodaran atau parfum dengan wewangian yang natural.

    Sumber:
    https://www.hipwee.com
    http://www.tipstriksib.com
    http://www.caraspot.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: