Breaking News

    Tips Sukses Menjadi Anak Rantau

    Tips Sukses Menjadi Anak Rantau

    Merantau sering tak bisa dihindari. Demi mengejar ilmu atau meniti karir, kita ‘dipaksa’ untuk mendobrak zona nyaman. Mulai dari berpindah ke kota yang jauh dari rumah hingga ke pulau seberang.

    Namun, bukan berarti merantau selalu membawa kesuksesan. Ada hal-hal yang wajib kamu terapkan jika memang ingin sukses di kota seberang.

    1. Jangan tergoda untuk main-main dan buang waktu, pastikan kerja atau studi di atas segalanya.
    2. Karena hidup sendiri, kamu harus pandai mengatur keuangan. Supaya nantinya hidupmu di kota seberang bisa berkecukupan. Selain harus bisa mengontrol diri sendiri soal pembagian waktu, kita juga perlu menguasai ilmu dalam mengatur keuangan. Hidup jauh dari rumah berarti kita harus siap mengurus diri sendiri, terutama dalam hal finansial.
    3. Pandailah bersosialisasi, ini salah satu cara jitu supaya bisa memperluas pergaulanmu.
    4. Pandai memilih teman, supaya tak mudah dijerumuskan atau salah pergaulan. Meski kamu harus mudah bergaul supaya bisa memperluas pergaulan, namun kamu juga harus tetap pandai memilih teman. Tempatkan orang-orang baik yang ada di sekelilingmu. Dengan begini, kamu pun juga akan terpengaruh ke arah yang lebih baik dan selalu positif.
    5. Lihai menjaga diri. Meski bebas namun tetaplah bertanggung jawab terhadap diri sendiri.
    6. Meski jauh dari rumah, jangan malas untuk berkirim kabar. Ini yang membuatmu dan keluarga bisa tetap dekat.
    7. Selalu raih kesempatan yang datang, mumpung kamu masih muda. Nanti ketika memutuskan untuk merantau, akan ada banyak kesempatan yang menghampirimu. Entah itu kesempatan yang membuat karirmu makin cerah ke depannya hingga kesempatan baik demi memperkaya wawasanmu. Mumpung masih muda, biasakanlah untuk mengatakan ‘ya’ pada kesempatan baik ini.
    8. Percayai insting dan kata hatimu sendiri. Ini cara jitu supaya tak gampang terpengaruh apa kata orang lain.
    9. Jangan putus asa dan selalu pantang menyerah. Sikap ini yang bisa membuatmu tetap kuat. Banyak tantangan yang akan kamu dapatkan ketika merantau. Misalnya saja bertahan hidup di tanggal tua hingga harus kuat ketika didera rasa didera rasa rindu pada keluarga. Sikap pantang menyerah dan tak berputus asa perlu kamu adopsi mulai sekarang jika ingin bisa sukses bertahan di tanah rantau.

    Jadi, sudah siap pergi merantau?

    Sumber:
    https://life.idntimes.com
    wordpress.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: