Breaking News

    Yuk Intip Kepribadian Seseorang Melalui Kokologi, Penasaran?

    Yuk Intip Kepribadian Seseorang Melalui Kokologi, Penasaran?

    Psikolovers, setelah sebelumnya kita pernah membahas mengenai pseudopsikologi, kali ini kita akan membahas mengenai kokologi. Kokologi merupakan salah satu contoh pseudopsikologi, yakni ilmu psikologi yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

    Kokologi,yang berasal dari Jepang, berasal dari gabungan kata berbahasa Jepang, kokoro yang berarti pikiran, semangat, dan perasaan, serta kata berbahasa Yunani, logia yang berarti  ilmu. Jadi secara harfiah dapat diartikan bahwa kokologi merupakan permainan psikologi yang digunakan untuk mengetahui emosi dan tingkah laku seseorang. Kokologi ini diciptakan oleh Isamu Saito, seorang profesor Universitas Rissho, Jepang, dan dikembangkan oleh Tadahiko Nagao.

    Dalam kokologi, seseorang akan dibawa untuk menempatkan diri dalam situasi tertentu. Kemudian dalam situasi tersebut ia akan diminta untuk memilih perilaku yang ia akan lakukan atau apa yang ia lihat di situasi itu. Misalnya saja, seseorang akan diminta membayangkan dirinya berada di sebuah hutan dan tiba-tiba ia melihat seekor hewan di semak-semak. Ia akan diminta untuk membayangkan hewan apa yang muncul dalam pikirannya. Jawaban yang ia berikan biasanya akan menggambarkan kepribadian orang tersebut. Atau misalnya saja ia ditempatkan dalam situasi bertemu dengan seseorang dan ia diberi pilihan mengenai apa yang akan ia lakukan atau katakan pada orang lain itu. Jawaban yang berbeda akan memberikan interpretasi yang berbeda pula.

    Jadi psikolovers, tertarik untuk melihat kepribadian melalui kokologi?

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: