Breaking News

    Yuk, Kenali Apa itu Gaya Pengasuhan Otoritatif?

    Yuk, Kenali Apa itu Gaya Pengasuhan Otoritatif?

    Ayah Ibu, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang gaya pengasuhan otoriter. Nah, kali ini kita bakalan membahas mengenai gaya pengasuhan otoritatif atau dalam istilah bahasa Inggris disebut sebagai authoritative parenting.

    Apa itu authoritative parenting?

    Apakah salah satu dari pernyataan berikut terdengar seperti “sangat Anda”?
    1. Anda berusaha keras memastikan hubungan Anda terjalin secara positif dengan anak Anda.

    2. Anda menjelaskan alasan di balik peraturan Anda.

    3. Anda menegakkan peraturan dan memberi konsekuensi, tapi Anda mempertimbangkan perasaan anak Anda.

    Jika demikian, Anda mungkin orang tua yang otoritatif. Seperti orang tua otoriter, orang tua otoritatif menetapkan peraturan yang jelas. Tapi, mereka membiarkan pengecualian yang masuk akal terhadap peraturan yang mereka buat.

    Orang tua yang otoritatif sering menggunakan konsekuensi logis yang seringkali mengajarkan pelajaran hidup. Mereka juga menggunakan kedisiplinan yang positif untuk mencegah masalah perilaku dan untuk memperkuat perilaku baik anak-anak mereka. Jadi mereka mungkin lebih cenderung menciptakan sistem penghargaan dan memuji perilaku yang mereka anggap baik.

    Anak-anak yang dibesarkan dan tumbuh dengan kedisiplinan cenderung bahagia dan sukses. Mereka juga cenderung lebih baik dalam membuat keputusan dan mengevaluasi risiko keselamatan mereka sendiri. Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang memiliki orang tua otoritatif sangat mungkin menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, yang merasa nyaman mengekspresikan pendapat mereka.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: