Breaking News

    Yuk Kenali Apa itu Pay Equity atau Kesetaraan Upah

    Yuk Kenali Apa itu Pay Equity atau Kesetaraan Upah

    Pay equity secara harfiah berarti “kesetaraan upah”. Konsep kesetaraan berarti pekerja mendapatkan upah sebagai imbalan yang sesuai atas apa yang dikerjakannya. Istilah ini mengacu pada strategi tertentu untuk menghapuskan diskriminasi upah terkait gender, kelompok etnik, dan lainnya. Strategi ini meliputi penentuan besar nilai upah berdasarkan jenis pekerjaan karena berbeda jenis pekerjaan, berbeda juga usaha serta tanggung jawab yang dibutuhkan.

    Pay equity yang tinggi dalam perusahaan artinya adanya kepuasan yang tinggi dari pegawai terkait imbalan atas apa yang telah dikerjakannya. Sementara itu pay equity rendah akan berpotensi membuat kurangnya semangat kerja, memunculkan berbagai keluhan, mogok kerja, hingga berhenti bekerja.

    Mengutip yang ditulis oleh Akmal Umar, dosen STIMI YAPMI Makassar dalam tribunnews.com, jika sistem upah dirasakan adil dan kompetitif oleh pekerja, maka perusahaan akan lebih mudah untuk menarik pekerja yang potensial, mempertahankannya, dan memotivasi agar lebih meningkatkan kinerjanya. Sehingga produktivitas meningkat dan perusahaan mampu menghasilkan produk dengan harga yang kompetitif, yang pada akhirnya, perusahaan bukan hanya unggul dalam persaingan, namun juga mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya, bahkan mampu meningkatkan profitabilitas dan mengembangkan usahanya.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: