Breaking News

    Yuk, Kenali Istilah Board of Directors

    Yuk, Kenali Istilah Board of Directors

    Board of Directors adalah istilah yang digunakan di Amerika Serikat untuk kelompok pengawas dan pengelola perusahaan yang terdiri dari perwakilan pemegang saham mayoritas, pendiri perusahaan, kreditor utama, dan orang-orang yang berjasa pada perusahaan.

    Dilansir dari kompasiana.com, dalam konsep corporate governance dikenal dua framework pengelolaan korporasi, yaitu one tier sysytem dan two tier system. One tier system merupakan konsep pengelolaan  yang umumnya digunakan oleh Anglo Saxon Countries seperti UK, US, dan Canada. Pada konsep ini fungsi pengelolaan dan pengawasan dijadikan satu wadah/board. Sementara konsep two tier system banyak digunakan di negara Eropa dimana fungsi pengelolaannya dipisahkan dengan fungsi pengawasan dalam dua wadah/board yang berbeda. Dalam perkembangan konsep two tier system lebih banyak digunakan dalam praktek bisnis disebabkan keunggulannya dalam mengakomodasi konflik kepentingan antara pemilik modal dan manajemen.

    Board of directors merupakan badan yang mewakili kepentingan para pemegang saham, dan bertanggung jawab kepada mereka untuk serangkaian tugas tertentu, termasuk mendefinisikan strategi perusahaan dan filosofi perusahaan, pengawasan eksekutif manajemen, dan pelaksanaan pengendalian internal. Di indonesia Board of Director setara dengan dewan komisaris. Istilah Board of Directors jika disematkan dengan istilah Dewan Redaksi memang sedikit rancu, Dalam konteks dunia bisnis penggunaan istilah yang tepat dianjurkan untuk digunakan karena pihak yang berkepentingan dengan informasi tersebut adalah orang dengan kualifikasi tertentu dan terdidik. Silsilah pemahaman berpotensi untuk memberikan pengambilan keputusan yang tidak tepat sehingga penggunaan istilah yang tepat diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan terbaik bagi stakeholder.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: