Breaking News

    Yuk, Simak Pedoman Kerja bagi Para Perantau

    Yuk, Simak Pedoman Kerja bagi Para Perantau

    Di Indonesia, budaya merantau terutama ke ibukota cukup melekat di masyarakat. Selain mengejar pendidikan lebih lanjut, banyak orang meninggalkan kampung halamannya untuk pekerjaan demi kehidupan yang lebih baik.

    Berikut pedoman kerja untuk anak rantau:

    1. Punya Keahlian

    Modal utama untuk bertahan di ibu kota yang keras adalah punya keahlian yang mumpuni. Pikirkan tentang peluang karir yang ada sesuai dengan pendidikan yang dimiliki. Akan lebih baik lagi, jika mempunyai kemampuan lain, misalnya berbahasa asing, memasak, atau menyetir kendaraan yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan atau sekadar menghemat pengeluaran.

    2. Membangun Relasi

    Memutuskan untuk bekerja di luar kota, bukan hal yang mudah. Jika bisa, mulailah untuk membangun relasi dengan banyak orang. Berteman dengan siapa saja juga dapat membuka wawasan lebih luas, yang menjadi nilai plus dalam mencari pekerjaan dan sukses di perantauan.

    3. Punya Mental yang Tangguh

    Jika ingin mendapatkan kesuksesan di perantauan, karakter gigih, pantang menyerah, dan tahan banting merupakan hal yang wajib dimiliki. Ingat kembali tujuanmu untuk meninggalkan kampung halaman dan gunakan sebagai alasanmu untuk menghadapi segala kesulitan, ketimbang menyerah lalu kembali pulang ke rumah.

    4. Jangan Berhenti Mengembangkan Diri

    Walau sudah mendapat pekerjaan, jangan cepat puas dengan hasilnya. Lingkungan yang baru di ibu kota menawarkan berbagai kesempatan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan. Kembangkan dirimu melalui berbagai tempat kursus, seminar, atau mengikuti komunitas hobi yang tidak hanya menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan, tapi juga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    Sumber:
    https://www.merdeka.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: